|*V.O.D*|~Brother'z~RN*

Rabu, 01 Februari 2012

PROFESI KEPENDIDIKAN

KONSEP DASAR PROFESI KEPENDIDIKAN

1. Hakekat profesi kependidikan
    secara umum yang disebut dengan tenaga kependidikan itu adalah : orang-orang yang berkecimpung dalam dunia pendidik dan peduli dengan masalah2 kependidikan dan serta memiliki tugas dan wewenang tertentu di bidang kependidikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dalam peraturan pemerintah No.38/1992 tentang kependidikan banyak diatur tentang jenis, jenjang, wewenang, pengadaan, penugasan, dan pemberentian, pembinaan dan pengembangan, kesejahteraan, kedudukan, penghargaan, dan ikatan profesi tenaga kependidikan.

2. harapan dan tantangan profesi tenaga kependidikan
    Salah satu ciri profesi adalah kontrol yang ketat pada anggotanya.
Beberapa penyebab profesi mengajar/keguruan/kependidikan sulit menggapai posisi tangguh dan terhormat.
   a. sulit didefinisikan, sesungguhnya profesi mengajat itu dan apa bidang garapannya yang khas, serta tingkat keahlian mana yang dituntut?. Profesi mengajar berbeda dengan profesi kedokteran misalnya, dimana tugas dan expertsic-nya dapat dirinci sedemikian rupa hingga jelas. sedangkan mengajar tidak (belum) bisa demikian.
  b. sejarah mengajar dan guru memang kabur. dahulu siapa saja boleh mengajar dengan tingkat pendidikan manasaja asal bisa tilis baca. yang sekarang sudah ada pembatasannya. 
   c. penambahan jumlah guru secara besar-besaran sehingga sulit stabdar guru dikontrol dan dijaga.
   d. PGRI cendrung bergerak " dipertengahan" antara pemerintah dan guru.
   e. tuntutan masyarakat yang terus meningkat dan berubah membuat guru makin tertantang
   f. soal sikap seorang guru. yang menyangkut banyak hal, seperti harus jujur diakui bahwa gelar latar belkang calon   guru (juga guru2 yang sudah bekerja) umumnya tidak baik.

permasalahan umum yang dialami oleh profesi kependidikan itu sendiri berdasarkan pengalaman yang ditemui antara lain....
  a. mengacu pada peraturan sebagaimana yang dikemukakan dalam pasal PP tentang kependidikan yang terdiri atas peserta didik yaitu : pembimbing, pengajar, dan pelatih .
   b. buku2 penunjang yang tercantum dalam silabus banyak dan jumlah mahasiswa terbatas.
   c. lalu lintas perkuliahan baru efektif dalam minggu ke-3, sedangkan silabus dirancang unntuk 18 pertemuan yang termasuk ujian.
  d. berfariasinya latar mahasiswa yang ditinjau dari prodi, tahun masuk, dan jumlah peserta kuliah.
  e. urutan pengambilan ke-4 mata kuliah MKDK yang kurang tegas dalam buku pedoman.
  f. sistem ujian yang terpusat, sedangkan dosen yang mengajar bervariasi sehingga sulit ditentukan standar penguasaannya.

PENGERTIAN PROFESI
1. PROFESI 
profesi pada hakikatnya adalah suatu pernyataan/janji tebuka yang menyatakan bahwa seseorang itu mengabdikan dirinya pada suatu jabatan atau pelayanan karena orang itu merasa terpanggil untuk menjabat pekerjaan itu.
2. profesi guru
pada hakikatnya guru mempunyai peranan yang penting dalam keseluruhan upaya pendidikan.  Tanpa guru menguasai bahan pelajaran dan strategi belajar mengajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar